Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Disertai Teknik Spotlight Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Solok Selatan
Main Author: | Wahyu, Ningsih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2372/4/12050009%20WAHYU%20NINGSIH.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2372/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2372/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2372/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2372/ |
Daftar Isi:
- Hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMAN 2 Solok Selatan yang masih rendah merupakan salah satu yang melatar belakangi penelitian ini dilakukan. Hal ini disebabkan karena siswa tidak berani mengeluarkan pendapat dan kurang percaya diri dalam menjawab pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif disertai teknik spotlight lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPA SMAN 2 Solok Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi adalah siswa kelas XI IPA SMAN 2 Solok Selatan yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI.IPA.1 dan sebagai kelas kontrol adalah kelas XI.IPA.2. Instrumen penelitian adalah tes akhir dan bentuk tes yang digunakan adalah esai dengan reliabilitas tes r11 =0,92dan rtabel= 0,404 , karena r11 > rtabel maka soal tes dinyatakan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung=2,34 dan ttabel= 1,68 dengan a=0,05 , karena thitung > ttabel maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif disertai teknik spotlight lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas XI IPA SMAN 2 Solok Selatan.