Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bertujuan untuk menganalisa kategori bicara guru dalam proses belajar mengajar di SMPN 1 Mapattunggul Pasaman. Untuk karangka analisa peneliti pengunakan penelitian deskriptif untuk menjawab pertanyaan penelitian. Untuk pengumpulan data peneliti melakukan observasi ceklis, catatan dan merekam. Data tersebut dianalisa dengan menggunakan teori yang terdapat pada penelitian ini. Data yang diperoleh dari kategori bicara guru dalam pembelajaran, (Brown 2007). Hasil dari analisa ini menunjukkan bahwa kebayakan dari guru bahasa Inggris sudah mempunyi kategori bicara guru dalam proses belajar mengajar tetapi tidak semua guru mempunyai kategori bicara guru tersebut. Guru bahasa Inggris hanya mempunyai beberapa kategori saja. Dari tujuh belas sub-indikator kategori bicara guru, guru bahasa Inggris paling banyak memiliki dua belas sub-indikator. Dari observasi pertama dan terakhir, guru A dan guru B hanya memeiliki dua belas sub-indikator. Untuk keseluruhan hasil penelitian, semua kategori dari perkataan guru ditemukan selama observasi walaupun dengan presentasi yang kecil. Sebagai hasil penelian, kategori yang paling dominan diaplikasikan oleh guru adalah memberi pertanyaan kepada siswa. Berdasarkan temuan tersebut dianjurkan kepada guru agar memahami dan mempunyai kategori bicara guru.