Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Practice Rehearsal Pairs terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 3 Koto XI Tarusan

Main Author: Rita, Fauziah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2368/4/11050259%20RITA%20FAUZIAH.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2368/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2368/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2368/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2368/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah di kelas VIII SMPN 3 Koto XI Tarusan. Hal ini disebabkan oleh siswa hanya menerima pelajaran secara langsung dari guru dan siswa kurang berani untuk bertanya. Salah satu usaha yang dilakukan adalah strategi pembelajaran aktif tipe Practice Rehearsal Pairs dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Practice Rehearsal Pairs lebih baik dari pada pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMPN 3 Koto XI Tarusan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Koto XI Tarusan Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan VIII.6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir pemahan konsep yang dibuat dalam bentuk esai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Hasil ujian hipotesis diperoleh ttabel= 2,60 dan ini lebih besar dari thitung= 1,605. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Practice Rehearsal Pairs lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional.