Perbedaan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is ATeacher Here (ETH) Dan Learning Starts With A Question (LSQ) Pada KelasXII IPS SMAN 1 Pasaman

Main Author: Rahmi, Hidayati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2363/4/11050120%20RAHMI%20HIDAYATI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2363/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2363/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2363/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2363/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilator belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah, karena kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran, takut bertanya, mengeluarkan pendapat dan tidak dapat mengerjakan soal yang berbeda dengan contoh soal, untuk itu dilakukan pembelajaran menggunakan strategi ETH dan LSQ. Penelitianinibertujuanuntuk mengetahui 1)Apakahpemahamankonsepmatematissiswa yang menggunakan strategi Pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.2)Apakah pemahaman konsepma tematissiswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts With A Question lebih baik dar pada pembelajaran konvensional. 3)Apakah terdapat Perbedaan Pemahaman konsep matematis siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here Dan Learning Starts With A Question. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Posttest-Only Comparison Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh sisiswa kelas XII.IPS.SMA.N.1.Pasaman. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, kelasXII.IPS.2 kelas eksperimen.I, Kelas XII.IPS.1 kelas eksperimen.IIdankelasXII.IPS.3kelaskontrol.Instrumennya Tes pemahaman konsep matematis bentuk esai dengan reliabilitastes r11=0,875 > rtabel= 0,396. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan 1)Pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipeEveryone Is A Teacher Here lebih baik daripada pembelajaran konvensional. 2)Pemahaman konsep matematissiswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipeLearning Starts With A Question lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. 3)Terdapat Perbedaan Pemahaman konsep matematis siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here Dan Learning Starts With A Question.