Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Lembang Jaya Kabupaten Solok

Main Author: Asnel, Asnel
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/236/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/236/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/236/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/236/4/12050174%20ASNEL.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/236/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa masih rendah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik pada siswa kelas VIII SMPN 1 Lembang Jaya Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan random terhadap subjek. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir berbentuk essay. Statistik uji yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji t satu pihak. Berdasarkan distribusi skor tes akhir kelas sampel dipe eh rata-rata hasil hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen 65,86 ra rata hasil belajar matematika siswa kelas kontrol 57,27. Hasil analisis dat ike ui kedua sampel berdistribusi normal dan variansi homogen pada taraf ta = 0,05. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung=1,22 dan ttabel=1,679 dengan = 0 5,maka hipotesis penelitian ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil ajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) sama dengan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran saintifik di kelas VIII SMPN 1 Lembang Jaya Kabupaten Solok.