Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif disertai Teknik Quick on The Draw terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 25 Padang
Main Author: | Putri Indra, Yani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2358/4/12050014%20PUTRI%20INDRA%20YANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2358/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2358/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2358/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2358/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran masih terpusat pada guru, siswa belum terbiasa bekerja sama dan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah, terlihat dari hasil Ujian Akhir Semester II kelas VII yang terdaftar di kelas VIII. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif disertai teknik Quick on the Draw lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 25 Padang. Jenis penelitan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII8 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir. Bentuk tes akhir yang digunakan adalah tes essay. Analisis data menggunakan uji satu pihak. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada α = 0,05 diperoleh thitung= 2,061 dan ttabel= 1,670. Karena thitung > ttabel berarti H0 ditolak, maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif disertai teknik Quick on the Draw lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional.