Daftar Isi:
  • Listening adalah salah satu dari empat keahlian dalam pembelajaran bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam pembelajaran listening comprehension. Penelitian ini adalah sebuah penelitian kualitatif. Partisipan di dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang telah belajar advance listening tahun 2015/2016 jurusan pendidikan Bahasa Inggris di STKIP PGRI Sumatera Barat dengan menggunakan random sampling. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan angket dan wawancara yang dilakukan secara individual terhadap respondent. Hasil penelitian menunjukan adanya 8 kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam listening comprehension. Kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa tersebut adalah pada perception stage, parsing stage, and ultilization stage. Pada perception stage, siswa sulit untuk mengetahui kata-kata yang harus mereka ketahui, mengabaikan kalimat selanjutnya ketika masih berpikir arti kalimat sebelumnya, dan sulit memahami denggan baik ketika pembicara bicara cepat. Pada parsing stage, siswa sering melupakan kata-kata yang baru saja di dengar, tiddak mendapatkan gambaran dari kata yang di dengar, dan sulit memahami bagian berikutnya karena pada bagian awalnya tidak terdengar dengan jelas. Pada ultilization stage, siswa mengerti kata yang didengar tetapi tidak mengerti isi yang disampaikan, dan siswa bingung tentang ide pokok dalam teks yang didengar. Oleh karena itu, siswa memiliki kesulitan dalam listening comprehension.