Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Berkirim Salam dan Soal Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Tesma, Satri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2353/4/12050028%20TESMA%20SATRI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2353/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2353/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2353/2/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2353/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Berkirim Salam dan Soal lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lengayang Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, dengan kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes akhir berbentuk esai dimana tes akhir dengan r = 0,89 berarti soal mempunyai reliabilitas sangat tinggi atau sempurna, karena 0,80 < r ≤ 1,00. Teknik analisis data tes akhir menggunakan uji t satu pihak. Berdasarkan analisis tes akhir diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Nilai rata-rata tes akhir pemahaman konsep pada kelas eksperimen adalah 80,04 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 67,43. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 3,1 lebih besar dari ttabel = 1,664. Dengan demikian, hipotesis diterima yaitu pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Berkirim Salam dan Soal lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP Negeri 3 Lengayang.