Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Batang Anai

Main Author: Nelya, Ardina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2347/4/12050032%20-%20NELYA%20%20ARDINA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2347/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2347/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2347/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2347/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran masih berpusat kepada guru, kerjasama antara siswa masih kurang dan hasil belajar matematika siswa masih banyak dibawah KKM yang sudah ditetapkan, terlihat dari hasil ujian akhir Semester II kelas VII yang terdaftar di kelas VIII. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 2 Batang Anai. Jenis penelitan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII.8 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.7 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah tes akhir. Bentuk tes akhir yang digunakan adalah tes essay dengan reliabilitas tes adalah r11 = 0,87. Analisis data menggunakan uji satu pihak. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada α = 0,05 diperoleh thitung= 1,966 dan ttabel= 1,678. Karena thitung > ttabel berarti H0 ditolak, maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada hasil belajar matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional.