Pengaruh Penerapan Model PembelajaranLangsung disertai Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Bowling Kampusterhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 4 Batang Anai

Main Author: Rosita, Rosita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2345/4/12050033%20-%20ROSITA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2345/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2345/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2345/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2345/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih rendah dan belum mencapai kriteria penilaian yang diberikan (KKM). Hal ini disebabkan karena pembelajaran matematika masih monoton sehingga membuat siswa merasa bosan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran langsung disertai strategi pembelajaran aktif tipe bowling kampus lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 4 Batang Anai. Jenis penelitan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir. Bentuk tes akhir yang digunakan adalah r11= 0,83 tes esai dengan reliabilitas tes adalah . Berdasarkan hasil tes akhir yang diperoleh, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Statistik uji yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji t satu pihak. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung=4,090 dan ttabel = 1,679 dengan a=0,05, maka dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran langsung disertai strategi pembelajaran aktif tipe bowling kampus lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMPN 4 Batang Anai