An Analysis of Teacher’s Communication Style in Teaching Learning Process at SMPN 18 Padang
Main Author: | Yolanda, Olivia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2343/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2343/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2343/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2343/4/11040225%20YOLANDA%20OLIVIA%20wis%2053.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2343/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe gaya komunikasi guru yang sering digunakan oleh guru Bahasa Inggris di SMPN 18 Padang. Lebih lanjut, penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan data diperoleh dari beberapa guru Bahasa Inggris yang menggunakan gaya komunikasi dalam proses belajar mengajar. Guru yang diteliti berjumlah 3 orang di SMPN 18 Padang. Dalam menggumpulkan data, peneliti menggunakan pengamatan checklist. Peneliti melihat semua aktifitas guru dengan menceklis dan menggunakan catatan lapangan sesuai dengan item pengamatan dari tipe gaya berkomunikasi guru. Berdasarkan item tersebut peneliti mendapatkan data yaitu guru cenderung memakai ke enam tipe gaya komunikasi guru dalam proses belajar mengajar Bahasa Inggris. Semua partisipan menggunakan ke enam tipe gaya komunikasi guru di dalam proses belajar mengajar Bahasa Inggris. Hasil penelitian, enam tipe gaya komunikasi guru tersebut dapat membuat siswa menjadi aktif dalam mengikuti proses belajar Bahasa Inggris, dan dari enam tipe gaya komunikasi guru tersebut guru menjadi lebih dekat dan mengenal satu persatu siswa yang ada di dalam kelas. Peneliti juga berharap agar semua guru menggunakan enam tipe gaya komunikasi guru ini agar hubungan antara guru dan siswa di dalam kelas terjalin dengan baik. Enam tipe gaya komunikasi guru itu adalah friendly style, precise style, attentive style, animated style, relaxed style, and dramatic style.