Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif disertai Teka-Teki Silang terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI IPS SMAN 4 Sijunjung
Main Author: | Nur Puspita, Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2342/4/12050056%20NUR%20PUSPITA%20SARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2342/3/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2342/1/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2342/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2342/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah, kurangnya interaksi siswa dalam pembelajaran dan siswa kurang bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif disertai teka-teki silang lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di Kelas XI IPS SMAN 4 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 4 Sijunjung yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI IPS 1 dan yang terpilih sebagai kelas control adalah XI IPS 2. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir dengan indicator pemahaman konsep dalam bentuk esai dengan reliabilitas tes adalah r = 0,84. Teknik analisis data adalah dengan uji t. Hasil uji hipotesis pada a = 0,05 diperoleh thitung= 0,97 dan ttabel = 0,50 artinya > maka hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif disertai teka-teki silang lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas XI IPS SMAN 4 Sijunjung.