Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat

Main Author: Yola, Asmalinda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/234/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/234/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/234/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/234/4/12050165%20Yola%20Asmalinda.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/234/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah dan selama proses pembelajaran banyak siswa yang malu bertanya kepada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan metode Snowball Throwing lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 1 Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Polpulasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Sasak Ranah Pasisie tahun ajaran 2017/2018. Kelas sampel yang terpilih adalah kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang berbentuk esai dengan reabilitas tes adalah 0,86. Teknik analisis ata yang diguna n adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa dua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen pada taraf kepercayaan 0,05 dan hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 3,19 artinya lebih besar ttabel = 68, maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperati tipe Snowball Throwing lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 1 Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat dengan tingkat kepercayaan 95%.