Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Disertai Kuis Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 27 Padang

Main Author: Weni, Satrini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2338/4/12050068%20WENI%20SATRINI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2338/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2338/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2338/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2338/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Hal ini disebabkan karena siswa kurang aktif didalam proses pembelajaran dan siswa yang berkemampuan rendah kesulitan didalam memahami materi yang disajikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) disertai Kuis lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMPN 27 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 27 Padang tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilaksanakan secara acak, terpilih kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir pemahaman konsep yang berbentuk esai dengan reabilitas tes r11= 0,926 . Berdasarkan hasil tes akhir yang diperoleh, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen pada a = 0,05 . Statistik uji yang digunakan untuk pengujian hipotesi adalah uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 1,919 > t(1-a)= 1,67, maka tolak H0 dan terima H1. Sehingga hipotesis diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together disertai kuis lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional kelas VIII SMPN 27 Padang.