Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning disertai Teknik Kepala Bernomor Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 7 Padang
Main Author: | Feby Atika, Andri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2336/4/12050073%20FEBY%20ATIKA%20ANDRI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2336/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2336/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2336/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2336/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 7 Padang masih dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning disertai Teknik Kepala Bernomor lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 7 Padang. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 7 Padang yang terdiri dari 8 kelas pada Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII1 dan sebagai kelas kontrol adalah kelas VIII2. Instrumen penelitian adalah tes akhir. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk essay dengan reliabilitas tes r11= 0,92 dan rtabel= 0,404. Berarti soal tes dinyatakan reliabel karena r11 > rtabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan analisis data tes akhir diperoleh kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 1,06 dan ttabel= 1,665. Karena thitung < ttabel berarti H0 diterima dan tolak H1 pada taraf nyata α = 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 7 Padang yang menerapkan model pembelajaran problem based learning disertai teknik kepala bernomor sama dengan hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional.