Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Langsung disertai Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power of Two Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI IPS SMAN 12 Padang
Main Author: | Devi Riski, Ananda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2330/4/12050077%20DEVI%20RISKI%20ANANDA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2330/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2330/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2330/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2330/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas XI IPS SMAN 12 Padang yang tidak mau berbagi pengetahuan dengan temannya dan siswa juga kurang memahami konsep yang harus digunakan dalam mengerjakan soal yang diberikan oleh guru. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung disertai Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power of Two lebih baik dar pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas XI IPS SMAN 12 Padang. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 12 Padang yang terdiri dari 4 kelas pada Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI IPS 1 dan sebagai kelas kontrol adalah kelas XI IPS2. Instrumen penelitian adalah tes akhir. Bentuk tes yang digunakan adalah essay. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan analisis data tes akhir diperoleh kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen. Analisis data dilakukan dengan uji t satu pihak. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel sehingga tolak H0 maka hipotesis penelitian diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran langsung disertai strategi pembelajaran aktif tipe the power of two lebih baik daripada pemehaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPS SMAN 12 Padang.