Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Disertai Kuis Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Ninik Puspita, Rahayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2326/4/12050081%20NINIK%20PUSPITA%20RAHAYU.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2326/3/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2326/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2326/1/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2326/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Hal ini disebabkan pada proses pembelajaran masih berpusat kepada guru dan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing disertai kuis dan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing disertai kuis lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Koto XI Tarusan Tahun Pelajaran 2016/2017. Kelas sampel yang terpilih adalah kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah kuis dan tes akhir, dengan reliabilitas tes akhir = 0,87. Teknik analisis data untuk kuis adalah menghitung rata-rata kuis setiap pertemuan dan tes akhir menggunakan uji t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis kuis, diperoleh rata-rata kuis I sampai IV yaitu 87,08; 89,65; 86,88 dan 91,89. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada taraf kepercayaan α=0,05 diperoleh thitung = 2,38 dan ttabel = 1,67, maka hipotesis penelitian diterima. Dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball throwing disertai kuis terhadap pemahaman konsep matematis siswa lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Koto XI Tarusan.