Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Untuk Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Padang Panjang

Main Author: Nahara, Rahmi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2325/4/12050083%20NAHARA%20RAHMI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2325/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2325/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2325/2/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2325/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan terhadap bahan ajar yang mampu memfasilitasi dan membimbing siswa untuk belajar mandiri, memudahkan siswa menemukan serta memahami konsep dengan benar. Ketersediaan buku teks di sekolah masih kurang dan siswa belum mampu memahami dan mengingat konsep matematika dengan baik pada buku teks. Oleh karena itu, dikembangkan LKS berbasis penemuan terbimbing pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS matematika berbasis penemuan terbimbing yang valid, praktis, dan efektif. Prosedur pengembangan yang digunakan mengikuti model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu, pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). LKS ini dikembangkan dengan memuat enam prinsip pembelajaran berbasis penemuan terbimbing yaitu menjelaskan tujuan, orientasi siswa pada masalah, merumuskan hipotesis, kegiatan penemuan, mempresentasikan hasil kegiatan penemuan, dan mengevaluasi. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan berada pada kriteria sangat valid dengan rata-rata 81,98%. Hasil analisis angket praktikalitas untuk guru sebesar 93,58% dengan kategori sangat praktis dan hasil analisis angket praktikalitas untuk siswa sebesar 86,98% dengan kategori sangat praktis. Hasil wawancara dengan guru dan siswa menunjukkan LKS sudah sangat praktis. Persentase ketuntasan belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah Padang Panjang adalah 83,33%. Kesimpulan penelitian ini menghasilkan LKS berbasis penemuan terbimbing yang valid, praktis, dan efektif pada materi sistem persamaan linear dua variabel untuk SMA kelas X SMA Muhammadiyah Padang Panjang.