Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA PGRI 1 Padang
Main Author: | Diana, Try Sutrisna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/232/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/232/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/232/3/Daftar%20Pustka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/232/4/13010211%20DIANA%20TRY%20SUTRISNA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/232/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan antara lain, dalam proses pembelajaran kurangnya interaksi antara guru dengan siswa serta siswa dengan siswa, disisi lain siswa juga kurang termotivasi untuk bertanya, metode yang biasanya digunakan adalah metode ceramah. Dampaknya hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA PGRI 1 Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA PGRI 1 Padang yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambian sampel dengan purposive sampling didapatkan kelas eksperimen XI IPA3, dan kelas kontrol XI IPA 2. Instrumen dalam penelitian ini pada ranah afektif berupa penilaian observasi sikap, pada ranah kognitif berupa soal pilihan ganda, dan ranah psikomotor berupa penilaian hasil laporan diskusi. Data pada ranah afektif, kognitif, dan psikomotor dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf (α =0,05) Berdasarkan hasil penelitian didapat rata-rata hasil belajar siswa pada afektif kelas eksperimen 78,36 (B) dan kelas kontrol 70, 48 (C). Pada ranah kognitif kelas eksperimen 77,13 (B ), rata-rata hasil belajar kelas kontrol 71,33 (B). Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada ranah psikomotor kelas eksperimen 73,24 (B) dan kelas kontrol 63,72 (C). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Examples Non Examples dapat berpengaruh baik terhadap hasil belajar biologi siswa pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor kelas XI di SMA PGRI 1 Padang.