Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question And Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPA SMAN 1 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat
Main Author: | Rahmi Hari, Yosi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2319/4/12050113%20RAHMI%20HARI%20YOSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2319/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2319/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2319/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2319/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah dan kurangnya keaktifan siswa dalam bertanya dan mengeluarkan pendapatnya dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat apakah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question And Getting Answer lebih baik daripada siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMAN 1 Luhak Nan Duo Tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, dengan kelas XII IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yaitu tes akhir berbentuk esai yang reliabel dengan r11 = 0,845. Teknik analisis data tes akhir menggunakan uji t satu pihak. Berdasarkan analisis data tes akhir diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,060 lebih besar dari t tabel = 1,675, jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Kesimpulannya hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question And Getting Answer lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas XII IPA SMAN 1 Luhak Nan Duo.