Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Perbandingan Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang ada di SMPN 12 Padang belum memfasilitasi siswa dalam menemukan konsep. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing yang valid, praktis, dan efektif pada materi perbandingan untuk siswa SMP Kelas VII. Prosedur pengembangan yang digunakan mengikuti model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu, define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Pada penelitian ini hanya menggunakan 3 tahap, yaitu tahap define, design dan develop. Tahap define terdiri dari wawancara guru dan siswa, analisis silabus, analisis buku teks, analisis karakteristik, dan analisis literatur. Tahap design yaitu perancangan LKS. Tahap develop yaitu mengembangkan LKS dan dilakukan uji validitas, uji praktikalitas dan uji efektivitas. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan berada pada kriteria sangat valid dengan rata-rata 81,39%. Hasil analisis angket praktikalitas untuk guru sebesar 88,54% dengan kategori sangat praktis dan hasil analisis angket praktikalitas untuk siswa sebesar 82,71% dengan kategori sangat praktis. Hasil belajar siswa kelas VII.2 SMPN 12 Padang efektif dengan persentase rata-rata jumlah siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal 80 adalah 83,33%. Kesimpulan penelitian ini menghasilkan LKS berbasis penemuan terbimbing yang valid, praktis, dan efektif pada materi perbandingan untuk SMP kelas VII SMPN 12 Padang.