Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang aktif dan kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran, sedikit siswa yang mau bertanya dan menjawab pertanyaan guru, hasil belajar matematika siswa masih rendah, dapat dilihat dari persentase ketuntasan nilai mid semester I siswa kelas XI Pariwisata SMKN 6 Padang. Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa Kelas XI Pariwisata SMKN 6 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMKN 6 Padang Tahun Pelajaran 2016/ 2017 terdiri dari lima kelas. Teknik pengambilan sampel secara acak, terpilih kelas XI Jasa Boga 1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI Usaha Perjalanan Wisata sebagai kelas eksperimen II. Instrumen penelitian adalah tes akhir. Bentuk tes yang diberikan adalah esai dengan reliabilitas 0.86 artinya soal reliabel. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen I adalah 79,74 lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen II yaitu 67,19. Dari hasil uji statistik diperoleh thitung = 1,78 dan ttabel = 1,73. Sehingga thitung > ttabel . Hipotesis penelitian diterima dengan taraf nyata a=0.05. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa Kelas XI Pariwisata SMKN 6 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017.