Pengembangan Penuntun Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Kelas XI SMA
Main Author: | Iqlima, Iqlima |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/231/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/231/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/231/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/231/4/13010196%20IQLIMA%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/231/ |
Daftar Isi:
- Pelaksanaan praktikum sebelumnya siswa belum menggunakan penuntun praktikum tetapi siswa hanya menggunakan bahan berupa lembar kegiatan siswa (LKS), dimana LKS hanya memuat materi dasar dan tuntunan praktikum yang kurang sesuai dengan tahapan kerja ilmiah. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan adalah inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektifitas penuntun praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada materi jaringan tumbuhan untuk kelas XI SMA. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan Formative Evaluation (Tessmer) yang terdiri dari empat tahapan yaitu self evaluation, expert review dan one-to-one, small group dan field test. Pada tahap self evaluation dilakukan analisis siswa, analisis kurikulum dan analisis bahan ajar, tahap expert review dan one-to-one dilakukan validasi kepada dosen, guru dan tiga siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah, tahap small group (kelompok kecil) dilakukan praktikalitas kepada sembilan orang siswa yang memiliki kemampan tinggi, sedang dan rendah, tahap field test dilakukan uji lapangan kepada satu kelas siswa XI IPA SMA. Hasil uji validasi penuntun praktikum berbasis inkuiri terbimbing oleh validator ditinjau dari segi kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikaan menunjukkan bahwa penuntun praktikum yang dibuat berada pada kriteria sangat valid dengan nilai 87,73%. Hasil uji praktikalitas oleh siswa ditinjau dari kemudahan dan penggunaan, efisien waktu dan manfaat menunjukkan penuntun praktikum yang dibuat berada pada kriteria sangat praktis dengan nilai 89,21%. Hasil uji efektifitas penuntun praktikum yang dibuat didapatkan rata-rata penilaian aktivitas belajar siswa yaitu 79,28% dengan kriteria tinggi. Tingkat motivasi belajar siswa berdasarkan rata-rata keseluruhan dari empat indikator didapat 86,70% dengan kriteria sangat tinggi. Nilai rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar siswa didapatkan 75,00% dan uji t 9,65. Berdasarkan analisis hasil data validitas, praktikalitas dan efektifitas dapat disimpulkan bahwa penggunaan penuntun praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada materi jaringan tumbuhan untuk kelas XI SMA sangat valid, sangat praktis dan efektif karena dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa.