Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individually (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman

Main Author: Nurazizah, Nurazizah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2309/4/12050145%20NURAZIZAH.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2309/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2309/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2309/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2309/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa belum terbiasa bekerjasama dalam kelompok, tanggung jawab siswa terhadap kelompok masih kurang, dan hasil belajar matematika siswa masih banyak dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individually (TAI) lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan menggunakan kertas lot. Kelas sampel yang terpilih adalah kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berbentuk esai dengan reliabilitas tes = 0,92. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen pada taraf kepercayaan α = 0,05. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = artinya lebih besar dari ttabel = 1,677, maka hipotesis penelitian diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individually (TAI) lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman.