Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Teknik Numbered Heads Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Anai
Main Author: | Siska Yulia, S.M |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2307/4/12050146%20SISKA%20YULIA%20S.M.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2307/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2307/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2307/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2307/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yangmasih banyak di bawah KKM, anggota kelompok belum bisa berbagi ilmu pengetahuan dengan maksimal, serta kurangnya rasa tanggung jawab individu anggota dalam kelompok untuk memahami dan menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik Numbered Heads lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di Kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Anai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Anai yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/ 2017 yang terdiri dari sembilan kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII.8 dan yang terpilih sebagai kelas kontrol adalah kelas VIII.7. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika dalam bentuk essai dengan reliabilitas tes adalah r11=0,899 Pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Hasil analisis data diketahui kedua sampel berdistribusi normal dan variansi homogen pada taraf nyata a=0,05. Hasil dari uji hipotesis diperoleh thitung =1,73 dan ttabel = 1,67 artinya thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik Numbered Heads lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di Kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Anai.