Penerapan Strategi Everyone Is A Teacher Here Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Nan Sabaris, Kabupaten Padang Pariaman
Main Author: | Dedi, Rusdiansyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2302/4/12050186%20DEDI%20RUSDIANSYAH.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2302/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2302/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2302/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2302/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah di SMPN 1 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan penerapan strategi everyoneis a teacher here lebih baik dari pada hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran konvensional dikelas VII SMPN 1 Nan Sabaris. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 1 Nan Sabaris. Tehnik pengambilan sampel yang dilakukan adalah secara acak, kelas VII2 sebagai kelas kontrol dan kelas VII3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes akhir. Soal pada tes akhir berbentuk esai. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen pada taraf a = 0,05. Hasil dari uji hipotesis diperoleh thitung = 2,53 dan ttabel = 1,66 maka thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis pada penelitian ini diterima. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapan strategi everyone is a teacher here lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMPN 1 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman.