Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA N 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman

Main Author: Yesri, Yenti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/230/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/230/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/230/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/230/4/13010195%20YESRI%20YENTI%20ok%20Flip.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/230/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan antara lain, siswa masih cenderung pasif dalam proses pembelajaran, Pada saat dilaksanakan proses diskusi hanya sebagian siswa yang bekerjasama dalam kelompoknya, hanya membebankan kepada anggota kelompok yang aktif dan berprestasi. pembagian kelompok diskusi yang dilakukan oleh guru belum berdasarkan kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Permasalahan tersebut berdampak terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri I Enam Lingkung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Enam Lingkung yang terdaftar pada tahun 2017/2018. Kelas eksperimen X MIPA4 dan kelas kontrol X MIPA1 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control-Group Postest Only Design. Instrumen penelitian yang digunakan pada penilaian afektif adalah berupa lembar observasi sikap, penilaian kognitif berupa soal pilihan ganda dan penilaian psikomotor dari laporan diskusi siswa pada kelas eksperimen dan resume pada kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata-rata hasil tes akhir pada Penilaian afektif kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 79,08 dan kelas kontrol 72,40 Hasil uji t didapatkan thitung>ttabel yaitu thitung = 1,72 dengan t tabel = 1,67, dengan demikian maka hipotesis pada kedua kelas sampel diterima. Penilaian kognitif kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 78,39 dan kelas kontrol 70,98 Hasil uji t didapatkan thitung>ttabel, yaitu thitung= 2,02 dengan ttabel = 1,67 dengan demikian maka hipotesis pada kedua kelas sampel diterima. Sedangkan penilaian psikomotor kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 78,99 dan kelas kontrol 72,92. Hasil uji t didapatkan thitung > ttabel, yaitu thitung= 1,7 dengan ttabel = 1,67, dengan demikian maka hipotesis pada kedua kelas sampel diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) Disertai Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA N 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman.