Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kurang berminat belajar matematika, motivasi siswa masih kurang, dan hasil belajar matematika siswa masih banyak dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 3 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Lembah Gumanti Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Kelas sampel yang terpilih adalah kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang berbentuk essai dengan reliabilitas tes = 0,959 Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen pada taraf kepercayaan α = 0,05. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 3,42 artinya lebih besar dari ttabel = 1,677, maka hipotesis penelitian diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 3 Lembah Gumanti Kabupaten Solok.