Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Kota Solok Tahun Pelajaran 2017/2018

Main Author: Mellisa, Bastian
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/229/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/229/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/229/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/229/4/13010192%20MELLISA%20BASTIAN%20ok%20Flip.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/229/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor yaitu kurangnya partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran, ketika guru mengadakan diskusi hanya beberapa orang siswa saja yang aktif, siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, kurang konsentrasi dan tidak fokus pada pembelajaran biologi.Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka guru dituntut kreatif dalam memilih dan menggunakan model/strategi pembelajaran, khususnya pada materi struktur dari jaringan tumbuhan serta fungsinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Solok dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen, dengan rancangan penelitian Randomized Control Group-Postest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri2 Kota Solok yang terdaftar pada tahun Pelajaran2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling dan didapatkan kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA5 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan untuk ranah kognitif adalah tes tertulis dan ranah afektif berupa lembaran observasi sikap.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf (α=0,05). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari hasil tes belajar biologi siswa yaitu rata-rata kelas eksperimen yaitu 81,91 sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata nilai 74,47. Hasil analisis pada uji normalitas kelas eksperimen diperoleh Lo (0,0124) <Ltabel(0,161) dan kelas kontrol diperoleh Lo (0,0721) < Ltabel(0,161), sedangkan pada hasil analisis uji homogenitas diperoleh Fhitung (0,50) < Ftabel (1,87). Hasil analisis data tersebut diketahui bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t didapatkan thitung(2,88) >ttabel(1,68), dengan demikian maka hipotesis pada kedua kelas sampel diterima. Ranah afektif kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata74,28 dan kelas kontrol 66,94. Hasil analisis pada uji normalitas kelas eksperimen diperoleh Lo (0,0031) < Ltabel (0,161) dan kelas kontrol diperoleh Lo (-0,1282) < Ltabel (0,161), sedangkan pada hasil analisis uji homogenitas diperoleh Fhitung (1,08) < Ftabel (1,87). Hasil analisis data tersebut diketahui bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t didapatkan thitung (3,08) > ttabel (1,68), dengan demikian maka hipotesis pada kedua kelas sampel diterima. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar biologi kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kota Solok.