Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 7 Padang
Main Author: | Rapika, Rapika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2286/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2286/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2286/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2286/4/13050100%20%20RAPIKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2286/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa banyak dibawah KKM dan siswa sering menyalin tugas atau latihan teman yang diberikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemandirian belajar siswa dengan menerapkan strategi ETH dan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan menerapkan ETH lebih baik daripada hasil belajar matematika yang menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMPN 7 PADANG. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 7 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII 6 dan sebagai kelas kontrol adalah kelas VIII 5. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika siswa dalam bentuk esay dengan reliabilitas r11= 0,73 dan rtabel = 0,367. Karena r11 > rtabel maka soal tes dinyatakan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Hasil analisis data diketahui kedua sampel berdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen pada taraf nyata α = 0,05. Hasil dari uji hipotesis diperoleh thitung = 3,54 dan ttabel = 0,063 artinya thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi ETH lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvesional di kelas VIII SMPN 7 padang dan adanyan peningkatan kemandirian belajar siswa setelah menerapkan strategi ETH pada kelas eksperimen dengan rata-rata sebelum diterapkan strategi ETH 72,26 dan setelah diterapkan strategi ETH 80,26.