Daftar Isi:
  • Hasil belajar biologi siswa kelas X di SMAN 5 Solok Selatan pada materi Virus berada di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan pada tahun pelajaran 2017/2018 yaitu 80. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan siswa kurang aktif dalam belajar dan siswa hanya menerima apa yang disampaikan oleh guru tanpa mau bertanya tentang apa yang tidak mereka mengerti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 5 Solok Selatan dengan penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan Randomized Control-Group Postest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 5 Solok Selatan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada ranah sikap menggunakan lembar penilaian diri dan antar teman, ranah pengetahuan adalah tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 29 butir soal dan ranah keterampilan menggunakan penilaian produk berupa laporan. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf korelasi kepercayaan 95% (α=0,05). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil tes belajar biologi siswa yaitu nilai rata-rata pada ranah sikap diperoleh nilai penilaian diri siswa pada kelas eksperimen adalah 89,57 dan kelas kontrol adalah 84,89. Uji t diperoleh thitung 1,79 > ttabel 1,67 maka hipotesis pada ranah sikap H1 diterima. Pada ranah sikap diperoleh nilai penilaian antar teman pada kelas eksperimen adalah 85,16 dan kelas kontrol adalah 78,11. Uji t diperoleh thitung 1,94 > ttabel 1,67 maka hipotesis pada ranah sikap H1 diterima. Pada ranah pengetahuan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,20 dan kelas kontrol adalah 74,71. Uji t diperoleh thitung 2,11 > ttabel 1,67 maka hipotesis pada ranah pengetahuan H1 diterima. Sedangkan pada ranah keterampilan diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 83,69 dan kelas kontrol yaitu 81,02. Uji t diperoleh thitung 1,73 > ttabel 1,67 maka hipotesis pada ranah keterampilan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada ranah sikap, pengetahuan, dan