Perbedan Kemampuan Menulis Cerpen Menggunakan Teknik Konstruktivisme dengan Teknik Inquiry Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Elpi, Yunida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2276/4/13080262%20ELPI%20YUNIDA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2276/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2276/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2276/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2276/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut. Pertama, siswa masih kesulitan dalam memilih kata yang tepat dalam penulisan cerpen. Kedua,siswa masih sulit dalam menentukan ide. Ketiga, hanya sebagian siswa yang berminat menulis cerpen. Keempat, guru kurang bisa menciptakan suasana menarik. Kelima, siswa kurang memahami konsep. Keenam, siswa kesulitan dalam penulisan cerpen. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan. Pertama, kemampuan menulis cerpen menggunakan teknik konstruktivisme siswa kelas X SMA Negeri I Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan. Kedua, kemampuan menulis cerpen menggunakan teknik inquiry siswa kelas X SMA Negeri I Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan. Ketiga, perbedaan kemampuan menulis cerpen menggunakan teknik konstruktivisme dengan teknik inquiry siswa kelas X SMA Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasy eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas, kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II sebanyak 60 orang. Data penelitian ini adalah skor keterampilan menulis cerpen menggunakan teknik konstruktivisme dengan teknik inquiry siswa kelas X SMA Negeri I Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan terhadap menulis cerpen. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri I Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan menggunakan teknik konstruktivisme nilai rata-rata sebesar 82,59 pada rentangan 76-85% berkualifikasi baik (B). Kedua, keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri I Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan menggunakan teknik inquiry memperoleh nilai rata-rata sebesar 94,44 pada rentangan 86-95% berkualifikasi sangat baik (BS). Ketiga, terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis cerpen menggunakan teknik konstruktivisme dengan teknik inquiry siswa kelas X SMA Negeri I Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan karena > yaitu 4,05>1,67. Jadi, dapat disimpulkan bahwa teknik konstruktivisme dan teknik inquiry terhadap menulis cerpen terdapat perbedaan yang signifikan.