Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Eksplaining Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Padang

Main Author: Khairani, Khairani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2271/4/13080265%20KHAIRANI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2271/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2271/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2271/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2271/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi berbagai macam permasalahannya sebagai berikut. Pertama, kurangnya minat siswa dalam keterampilan menulis teks eksplanasi; kedua, guru student facilitator and eksplaining berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi lebih sering berceramah dalam pembelajaran berlangsung; ketiga, model pembelajaran yang digunakan masih kurang menarik perhatian siswa, sehingga siswa cepat bosan dalam proses pembelajaran; keempat, kemampuan dalam menulis teks eksplanasi siswa masih rendah dan kurang mampu mengembangkan idenya dalam keterampilan menulis teks eksplanasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran siswa kelas XI SMA Negeri 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 3 Padang sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 6 SMAN 3 Padang. Penelitian ini menunjukkan tiga simpulan. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 3 Padang sebelum menggunakan model pembelajaran student facilitator and eksplaining berbantuan media audio visual memperoleh nilai rata-rata 65,65 dengan kualifikasi lebih dari cukup (LdC). Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 3 Padang sesudah menggunakan model pembelajaran student facilitator and eksplaining berbantuan media audio visual memperoleh nilai rata-rata 78,45 dengan kualifikasi baik (B). Ketiga, pengaruh penggunaan model student facilitator and eksplaining berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Padang lebih baik dari sebelum menggunakan model pembelajaran student facilitator and eksplaining berbantuan media audio visual dengan thitung (4,48) > ttabel (1,69).