Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Hollywood Squares Review Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 18 Padang
Main Author: | Wina, Darmiwati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2270/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2270/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2270/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2270/4/13050051%20WINA%20DARMIWATI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2270/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih rendah dan kemampuan siswa dalam mengingat materi yang telah dipelajari masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares Review lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 18 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 18 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari enam kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII.2 dan yang terpilih sebagai kelas kontrol adalah VII.2 Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika dalam bentuk esai dengan reliabilitas tes adalah menggunakan uji t. r11 0,75 . Pengujian hipotesis Hasil analisis data diketahui kedua sampel berdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen pada taraf nyata 0,05. Hasil dari uji hipotesis diperoleh thitung 1,70 dan ttabel 1,67 artinya thitung ttabel maka hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares Review lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 18 Padang