Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa yang rendah pada kelas VIII SMPN 31 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik daripada kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran scientific. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 31 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari delapan kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas sampel adalah VIII3 sebagai kelas eksperimen dan VIII7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran dan komunikasi matematis berbentuk esai. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t’ satu pihak. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write lebih baik daripada kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran scientific.