Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question (LSQ) terhadap Motivasi dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMAN 12 Padang
Main Author: | Ridha, Fajria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2262/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2262/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2262/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2262/4/13050033%20RIDHA%20FAJRIA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2262/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa masih rendah, kurangnya motivasi dan rasa ingin tahu siswa mengenai materi yang belum dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts With a Question pada siswa kelas XI SMAN 12 Padang dan mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts With a Question lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran scientific pada kelas XI SMAN 12 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 12 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel secara acak dengan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah angket motivasi dan tes akhir berupa esai. Angket diberikan pada pertemuan awal dan pertemuan akhir di kelas ekperimen. Tes diberikan pada akhir pertemuan di kelas eksperimen dan kontrol. Teknik analisis data tes akhir menggunakan uji satu pihak. Analisis data angket dilakukan dengan mencari perbandingan antara persentase skor motivasi per indikator yang diperoleh dari penelitian. Hasil analisis yang dilakukan pada indikator 1 terjadi peningkatan pada angket akhir begitu juga pada indikator 2,3,4 dan 5. Dengan hasil indikator 1sebesar 64,29 meningkat menjadi 84,38, indikator 2 sebesar 64,58 meningkat menjadi 74,70, indikator 3 sebesar 68,39 meningkat menjadi 86,61, indikator 4 sebesar 68,30 meningkat menjadi 93,97, indikator 5 sebesar 75,22 meningkat menjadi 79,24. Analisis data tes akhir diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 3,76 lebih besar dari ttabel = 1,67 atau, maka hipotesis yang diajukan diterima pada selang kepercayaan 95%. Dengan demikian hipotesis diterima yaitu pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts With a Question lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran scientific pada kelas XI SMAN 12 Padang.