Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang aktifnya siswa dalam belajar dan siswa hanya menerima informasi yang disampaikan oleh guru tanpa mau bertanya tentang apa yang belum mereka pahami. Hal ini menyebabkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII di SMPN 3 Sijunjung pada materi Sistem Gerak Pada Manusia berada di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa kelas VIII Di SMP Negeri 3 Sijunjung Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan penerapan model pembelajaran Examples Non Examples pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan Randomized Control-Group Postest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Sijunjung yang terdaftar pada tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada ranah kognitif adalah tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 62 butir soal. Ranah afektif menggunakan lembar observasi sikap (bekerjasama dan disiplin) dan ranah psikomotor menggunakan penilaian produk (kesesuaian analisis gambar/resume, kelengkapan analisis gambar/resume serta kerapian, kebersihan dan kejelasan dalam penulisan). Teknik analisis data menggunakan uji t` dengan taraf korelasi kepercayaan 95% (α=0,05). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil tes belajar biologi siswa yaitu nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 66,13 dan kelas kontrol adalah 56,30. Uji hipotesis diperoleh -2,09 < 1,75 < 2,09 maka, hipotesis diterima. Pada ranah afektif diperoleh nilai sikap siswa pada kelas eksperimen adalah 76,46 dan kelas kontrol adalah 74,01. Uji hipotesis diperoleh -2,09 < 0,41 < 2,09 maka, hipotesis diterima. Sedangkan pada ranah psikomotor diperoleh nilai keterampilan pada kelas eksperimen yaitu 65,56 dan kelas kontrol yaitu 79,89. Uji hipotesis diperoleh -2,09 < -2,75 < 2,09 maka, hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada ranah afektif, ranah kognitif dan ranah psikomotor siswa kelas VIII di SMPN 3 Sijunjung.