Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Somatic Audiotori Visual Intellectual (SAVI) terhadap Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Lengayang .Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Ayu Shalny Sri, Nanda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2255/4/13080210%20AYU%20SHALNY%20NANDA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2255/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2255/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2255/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2255/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Negeri 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Masalah yang ditemukan dalam penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, metode yang digunakan guru adalah metode ceramah, sehingga siswa merasa bosan dan tidak semangat dalam proses pembelajaran naskah drama, sehingga proses pembelajaran menjadi kurang efektif dalam pelaksanaannya. Kedua, siswa masih kesulitan untuk menemukan dan mengembangkan ide-idenya ke dalam bentuk tulisan. Ketiga, siswa kesulitan dalam mengisahkan suatu kejadian dalam rangkaian paragraf sehingga membentuk alur cerita yang tidak menarik dan tidak jelas konflik permasalahan cerita. Keempat, siswa masih sulit untuk menyusun kalimat demi kalimat menjadi sebuah paragraf yang padu. penelitian ini berujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis naskah drama sebelum dan sesudah menggunakan model SAVI. Serta pengaruh penggunaaan model SAVI terhadap keterampilan menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Negeri 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode pre-eksperimen. Rancangan penelitian ini ialah One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 163 orang. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 31 orang. Variabel penelitian ini adalah penggunaan Model SAVI sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis naskah drama sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah skor hasil tes unjuk kerja menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Negeri 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan sebelum dan sesudah menggunakan model SAVI. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Negeri 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan sebelum menggunakan model SAVI, memperoleh nilai rata-rata 54,01 dengan kualifikasi Hampir Cukup (HC) yang berada pada rentangan 46-55%. Kedua, keterampilan menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Negeri 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan sesudah menggunakan model SAVI memperoleh nilai rata-rata 75,62 dengan kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) yang berada pada rentangan 66-75%. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran SAVI terhadap keterampilan menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Negeri 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selaatan. Berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa hipotesis ) diterima pada taraf signifikan 95% dan dk=n-1 karena thitung > ttabel (7,85>1,70) dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak.