Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Active Knowledge Sharing disertai Reward terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN Thawalib Padusunan Kota Pariaman

Main Author: Fauzyyah, Fauzyyah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2254/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2254/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2254/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2254/4/12050238%20FAUZYYAH.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2254/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Thawalib Padusunan Kota Pariaman masih banyak dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dan siswa kurang mau berbagi informasi (pengetahuan) dalam belajar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing disertai Reward lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VII MTsN Thawalib Padusunan Kota Pariaman. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Thawalib Padusunan Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII.4 dan kelas kontrol adalah kelas VII.1. Instrumen penelitian adalah tes akhir. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk essay. Pengujian hipotesis mengunakan uji t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh = dan ttabel = . Karena thitung > ttabel maka Hipotesis diterima pada taraf nyata α = 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Thawalib Padusunan Kota Pariaman lebih baik dari pada hasil belajar matematika dengan pembelajaran konvensional siswa kelas VII MTsN Thawalib Padusunan Kota Pariaman.