Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih rendah dan kurang terjalinya interaksi antara siswa menyebabkan komunikasi kurang terjalin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Trading Places lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMPN 6 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 6 Pariaman. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih adalah VII1 sebagai kelas eksperimen dan VII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir. Bentuk tes adalah esay dengan reliabilitas tes adalah r11 = 0,96. Analisis data menggunakan uji t satu arah. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,08 > ttabel = 1,68 sehingga tolak H0 yang berarti terima H1, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Trading Places lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMPN 6 Pariaman.