Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Bahasa Indonesia Berbasis Media Karikatur pada Materi Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat
Main Author: | Vebri, Yenti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2240/4/13080305%20VEBRI%20YENTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2240/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2240/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2240/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2240/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis cerpen siswa yang dipengaruhi oleh empat faktor: 1) guru hanya berpedoman pada LKS dan buku paket yang sudah disediakan oleh sekolah, 2) bahan ajar berupa LKS yang digunakan belum berwarna dan tidak adanya tampilan gambar khususnya pada materi menulis cerpen, 3) guru sudah menggunakan beberapa metode dalam pembelajaran menulis cerpen, namun nilai menulis cerpen siswa masih rendah, dan 4) belum tersedianya Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bahasa Indonesia berbasis media karikatur di SMA Negeri 1 Luhak Nan Duo. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Bahasa Indonesia berbasis media karikatur pada materi menulis cerpen siswa kelas X SMA N 1 Luhak Nan Duo yang valid, praktis, dan efektif untuk siswa kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan (develop). Tahap define terdiri dari analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis tugas. Pada tahap design dilakukan perancangan LKS Bahasa Indonesia berbasis media karikatur pada materi menulis cerpen, kemudian pada tahap develop dilakukan uji validitas yang terdiri dari 3 orang dosen dan 1 orang guru Bahasa Indonesia SMA N 1 Luhak Nan Duo. Uji praktikalitas oleh 1 orang guru dan 9 orang siswa kelas X SMA. Data dianalisis dengan teknik analisis data persentase dan diolah secara desktriptif. Hasil uji validitas LKS berbasis media karikatur oleh validator menunjukkan bahwa LKS ini berada pada kriteria sangat valid, yaitu 86,6% ditinjau dari segi kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikaan. Hasil uji praktikalitas yaitu 87,1 tergolong sangat praktis diperoleh dari hasil praktikalitas guru memperoleh persentase 86,5% tergolong sangat praktis dan oleh siswa memperoleh persentase 87,7% tergolong sangat praktis. Hasil uji efektivitas tergolong sangat berhasil yaitu 92,9 diperoleh dari aktivitas siswa menggunakan LKS yaitu 100% dan hasil belajar siswa memperoleh 85,8% dilihat dari tes unjuk kerja siswa. Berdasarkan penjelasan di atas apat disimpulkan, bahwa LKS berbasis media karikatur pada materi menulis cerpen yang dihasilkan sudah valid, praktis, dan efektif. Kata kunci: Pengembangan, LKS, Karikatur, Menulis Cerpen.