Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman

Main Author: Lara, Susilawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2238/4/13080310%20LARA%20SUSLAWATI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2238/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2238/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2238/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2238/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pertama, rendahnya nilai keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa. Kedua, siswa belum terampil menulis teks laporan hasil observasi. Ketiga, sarana dan prasarana kurang memadai, Keempat, materi pembelajaran teks laporan hasil observasi sulit untuk dipahami. Kelima, siswa tidak mampu menentukan struktur teks laporan hasil observasi seperti menentukan pernyataan umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Pre-eksperiment One Group Pretest-Postest Design. Populasi Penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 yang berjumlah 30 orang. Variabel bebas adalah model pemebelajaran Discovery Learning dan variabel terikat adalah menulis teks laporan hasil observasi. Data penelitian ini adalah hasil tes unjuk kerja keterampilan menulis Teks Laporan Hasil Observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman sebelum dan sesudah penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning. Berdasarkan analisis data keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dapat disimpulkan sebagai berikut. Tingkat keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman sebelum menggunakan model pembelajaran Learning memperoleh nilai rata-rata 61,85 dengan kualifikasi 56%-65% yaitu Lebih dari Cukup. Tingkat keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sesudah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning Siswa kelas X SMA Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman memperoleh nilai rata-rata 76,29 dengan kualifikasi 76-85% yaitu Baik. Berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa hipotesis) diterima pada taraf signifikan 95% dan dk=n-1 karena >(3,63>1,71), maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Leaarning berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman dan model pembelajaran Discovery Leaarning dapat diterapkan dalam menulis teks laporan hasil observasi.