Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Gumanti Kabupaten Solok
Main Author: | Deli, Delvita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2235/5/13080323%20DELI%20DELVITA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2235/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2235/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2235/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2235/4/13080323%20DELI%20DELVITA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2235/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara khususnya menceritakan pegalaman yang paling mengesankan. siswa kesulitan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar juga tidak percaya diri saat tampil di depan kelas. Untuk melatih siswa aggar termpil berbicara digunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen jenis pre- eksperimental design dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Gumanti Kabupaten Solok tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel adalah kelas VII5. variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) sebagai varaabel bebas dan keterampilan berbicara sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah tes unjuk kerja keteampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Berdasarkan hasil penelitan dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut. Pertama, Nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Gumanti Kabupaten Solok tahun ajaran 2016/2017 sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) adalah 65,64 dengan kualifikasi cukup leih dari cukup (LdC). Kedua, nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Gumanti Kabupaten Solok tahun ajaran 2016/2017 sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) adalah 76,92 dengan kualifikasi baik (B). Ketiga, terdapat pengauh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Gumanti Kabupaten Solok karena thitung (5,10 > 1,71).