Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Materi Menulis Laporan Perjalanan Berbasis Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 35 Padang

Main Author: Vatmawati, Vatmawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2225/4/13080167%20VATMAWATI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2225/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2225/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2225/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2225/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi keterbatasan bahan ajar yang berkualitas pada pembelajaran keterampilan menulis laporan perjalanan. Siswa memerlukan bahan ajar berupa LKS sebagai salah satu sumber belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal-hal berikut ini. (1) Proses pengembangan LKS menulis laporan perjalanan berbasis PBL. (2) Validitas LKS menulis laporan perjalanan berbasis PBL dilihat dari segi isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan. (3) Praktikalitas LKS menulis laporan perjalanan dilihat dari segi kemudahan dalam penggunaan dan waktu yang diperlukan. (4) Efektivitas LKS menulis laporan perjalanan berbasis PBL dilihat dari aktivitas dan hasil belajar siswa setelah menggunakan LKS. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D (define, design, develop, and diseminate). Tahapan penelitian ini adalah pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Instrumen yang digunakan adalah angket validitas LKS, angket praktikalitas LKS untuk guru dan siswa, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar tes unjuk kerja menulis laporan perjalanan. Teknik analisis data adalah statistik deskriptif untuk mendapatkan persentase kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan LKS. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel. Proses pengembangan LKS menulis laporan perjalanan berbasis PBL yaitu melalui tahapan validasi LKS, praktikalitas LKS, dan efektivitas LKS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS menulis laporan perjalanan berbasis PBL sudah valid dari segi isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan dengan persentase 90.64% dengan kategori sangat valid. LKS menulis laporan perjalanan berbasis PBL sudah praktis dari segi kemudahan dalam penggunaan dan waktu yang digunakan dengan persentase 86.7% dengan kategori sangat praktis. LKS menulis laporan perjalanan berbasis PBL sudah efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran dilihat dari aktivitas siswa dan hasil belajar siswa berupa tes unjuk kerja. Persentase aktivitas siswa 78% dengan kategori sangat tinggi. Persentase hasil tes unjuk kerja menulis laporan perjalanan 86.42% dengan kategori baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian, LKS menulis laporan perjalanan berbasis PBL yang dikembangkan adalah valid, praktis, dan efektif. LKS ini dapat digunakan untuk mengatasi keterbatasan bahan ajar pada pembelajaran keterampilan menulis laporan perjalanan.