Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Narasi Ekspositoris Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Main Author: Della, Meliza
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2220/4/13080160%20DELLA%20MELIZA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2220/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2220/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2220/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2220/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lima masalah, yaitu (1) Siswa tidak menyukai keterampilan menulis karena siswa menganggap keterampilan menulis itu sulit). (2) Kemampuan menulis siswa masih rendah. (3) Siswa kesulitan dalam menuangkan ide-ide dan gagasannya dalam menulis. (4) Siswa kesulitan dalam membedakan narasi ekspositoris narasi sugestif. (5) Kosakata yang digunakan siswa masih sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) Keterampilan menulis paragraf narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman sebelum menggunakan model pembelajaran (CIRC), (2) Menulis paragraf narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman sesudah menggunakan model pembelajaran (CIRC), dan (3) Pengaruh model pembelajaran (CIRC) terhadap keterampilan menulis paragraf narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Pre-eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest-Posstest Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA N 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Sampel penelitian siswa kelas X.4 SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman sebanyak 31 siswa. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menulis paragraf narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran (CIRC). Hasil penelitian ini adalah Pertama, keterampilan menulis paragraf narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman sebelum menggunakan model pembelajaran (CIRC) memperoleh nilai rata-rata 66,36 berada pada rentangan 66-75% berkualifikasi Lebih Dari Cukup. Kedua, keterampilan menulis paragraf narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman sesudah menggunakan model pembelajaran (CIRC) memperoleh nilai rata-rata 77,11 berada pada rentangan 76-85% berkualifikasi Baik. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran (CIRC)4,88terhadap keterampilan menulis paragraf narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman karena thitung () > ttabel (1,70)