Pengaruh Penggunaan Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman
Main Author: | Adelia, Roza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2219/4/13080159%20ADELIA%20ROZA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2219/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2219/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2219/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2219/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh (1) kurangnya pengetahuan siswa tentang pembelajaran teks prosedur sebab teks prosedur merupakan pembelajaran baru yang terdapat dalam kurikulum 2013. (2), kurangnya kemampuan siswa dalam menuangkan ide dan gagasannya dalam menulis teks prosedur. Hal ini disebabkan karena kurangnya kosa kata siswa sehingga siswa kesulitan dalam menulis teks prosedur (3). Guru belum pernah menerapkan pendekatan Reciprocal Teaching. Hal ini disebabkan karena guru belum mengetahui tentang pendekatan Reciprocal Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman sebelum menggunakan pendekatan Reciprocal Teaching, (2) keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman sesudah menggunakan pendekatan Reciprocal Teaching, (3) pengaruh penggunaan pendekatan Reciprocal Teaching terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest-Posstest Desaign. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 SMP Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman yang berjumlah 28 siswa. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman sebelum dan sesudah penggunaan pendekatan Reciprocal Teaching. Data dianalisis dan kemudian dilakukan uji-t untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan Reciprocal Teaching terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman. Data dalam penelitian ini adalah lembaran hasil kerja keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman sebelum dan sesudah penggunaan Pendekatan Reciprocal Teaching. Hasil penelitian ini adalah Pertama, keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman sebelum menggunakan pendekatan Reciprocal Teaching memperoleh nilai rata-rata 63,69 berada pada rentangan 56-65% berkualifikasi cukup. Kedua, keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman sesudah menggunakan pendekatan Reciprocal Teaching memperoleh nilai rata-rata 69,04 berada pada rentangan 66-75% berkualifikasi lebih dari cukup. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan pendekatan Reciprocal Teaching terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman karena thitung ( ) > ttabel (1,70)