Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Teks Drama dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 PainanKabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Hendra Resmana, Hendra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2218/1/11080097%20-%20HENDRA%20RESMANA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2218/2/Abstrak.docx http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2218/3/Kesimpulan.docx http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2218/4/Daftar%20Pustaka.docx http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2218/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik naskah drama. Batasan masalah penelitian ini adalah kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik naskah drama dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Painan, Kabupaten Pesisir Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik naskah drama dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Painan, Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode dskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 3 Painan yang berjumlah 140 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan siswa kelas VIII mengidentifikasi tema teks drama dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kualifikasi cukup (C) dengan nilai rata-rata 65 dengan rentangan nilai 56-65%. (2) kemampuan siswa kelas VIII mengidentifikasi amanat teks drama dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw padakualifikasi cukup (C) dengan nilai rata-rata 65 dengan rentangan nilai 56-65%. (3)kemampuan siswa kelas VIII mengidentifikasi latar teks drama dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kualifikasi lebih dari cukup (LC) dengan nilai rata-rata 70 dengan rentangan nilai 66-75%. (4)kemampuan siswa kelas VIII mengidentifikasi penokohan teks drama dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kualifikasi lebih dari cukup (LC) dengan nilai rata-rata 65 dengan rentangan nilai 56-65%. (5)kemampuan siswa kelas VIII mengidentifikasi alur teks drama dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kualifikasi baik sekali (BS) dengan nilai rata-rata 88 dengan rentangan nilai 86-95%. (6)kemampuan siswa kelas VIII mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kualifikasi baik sekali (B) dengan nilai rata-rata 76 dengan rentangan nilai 76-85%.