Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Menulis Surat Dinas pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 35 Padang

Main Author: Sariati, Sariati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2217/1/13080157%20SARIATI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2217/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2217/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2217/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2217/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis surat dinas siswa yang dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu sebagai berikut: Pertama, siswa kurang berminat belajar bahasa Indonesia, khususnya pada materi menulis surat dinas. Kedua, disebabkan oleh bahan ajar yang digunakan di sekolah tergolong belum lengkap, hal tersebut tergambar dari materi yang diajarkan kepada siswa sangat ringkas. Ketiga, bahan ajar yang digunakan di sekolah belum efektif, karena bahan ajar yang efektif itu adalah bahan ajar yang mampu menarik minat siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses validitas, praktikalitas, dan efektivitas Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi menulis surat dinas siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan 4-D Models yang terdiri dari 4 tahap, yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan (develop). Tahap define terdiri dari analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis tugas. Pada tahap design dilakukan perancangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Menulis Surat Dinas, kemudian pada tahap develop dilakukan uji validitas yang terdiri dari 3 orang dosen dan 2 orang guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 35 Padang. Uji praktikalitas oleh 1 orang guru dan 9 orang siswa kelas VIII SMP. Data dianalisis dengan teknik analisis data persentase dan diolah secara desktriptif. Hasil uji validitas LKS berbasis Problem Based Learning (PBL) oleh validator menunjukkan bahwa LKS ini berada pada kriteria sangat valid, yaitu 87,99% ditinjau dari segi kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikaan. Hasil uji praktikalitas oleh guru berketeria sangat praktis, yaitu 88,46 dan uji praktikalitas oleh siswa juga tergolong sangat praktis, yaitu 89,68 dilihat dari aspek kemudahan dalam penggunaan dan kesesuaian dengan waktu. Uji efektivitas tergolong sangat efektif, yaitu 86,64% diketahui dari aktivitas siswa dan hasil belajar. Dapat disimpulkan LKS berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi menulis surat dinas yang dihasilkan sudah valid, praktis, dan efektif.