Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MIA MAN 1 Padang
Main Author: | Ardila, Febri Afnita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2216/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2216/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2216/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2216/4/12050219%20ARDILA%20FEBRI%20AFNITA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2216/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah dan pembelajaran matematika yang sulit untuk dipahami sendiri bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik di kelas X MIA MAN Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan random terhadap subjek. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir. Statistik uji yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 1.75 dan ttabel = 1.67 dengan α = 0.05 maka hipotesis penelitian diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik pada siswa kelas X MIA MAN 1 Padang.