Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Guided Note Taking dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 6 Pariaman
Main Author: | Endang, Susilawati Munthe |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2215/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2215/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2215/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2215/4/12050217%20ENDANG%20SUSILAWATI%20MUNTHE.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2215/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah dan siswa tidak fokus pada saat guru menjelaskan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Guided Note Taking lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMPN 6 Pariaman. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 6 Pariaman Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian adalah kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes akhir, dengan reliabilitas adalah 0,87. Analisis data menggunakan uji t satu arah. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 4,01 dan ttabel = 1,68. Ini berarti thitung> ttabel maka tolak H0 dan terima H1, sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Guided Note Taking lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMPN 6 Pariaman.